Pages

Powered by Blogger.

Thursday, July 5, 2012

Teknik Meningkatkan Lompatan


          Lompatan adalah salah satu teknik olahraga yang cukup banyak digunakan. teknik melompat sangat sering digunakan dalam permainan voli, basket, sepakbola, bulutangkis dan lain sebagainya. Hal seperti ini membuat banyak orang ingin memiliki lompatan yang tinggi sehingga banyak upaya dilakukan. Salah satu upaya yang dilakukan adalah mengunakan pemberat kaki, pemberat kaki padahal tidak baik untuk kesehatan kaki kita bukan lompatan kita yang bertambah tinggi melainkan dapat menimbulkan cidera. Saya disini akan memberikan sedikit cara bagaimana kita dapat membuat lompatan kita menjadi tinggi;
1. Sebelum kita melakukan kegiatan olahraga kita harus pemanasan terlebih dahulu.
2. Melakukan sit up, agar lompatan kita menjadi tinggi bukan hanya kaki kita saja yang harus kuat melainkan otot perut juga harus kuat. Site up yang benar adalah Barbaringlah di lantai dengan lutut ditekuk, sepanjang kaki membentuk huruf "V" terbalik, sehingga telapak kaki menapak pada lantai. Letakkan kedua lengan bersilangan di depan dada, dengan kedua telapak tangan menyentuh bahu. Dengan kekuatan otot perut, gerakkan bahu dan pundak melengkung ke atas. Capailah titik teratas saat pinggang masih menyentuh lantai. Untuk mempermudah visualisasi, bayangkan menggunakan tenaga perut untuk membawa siku lengan mendekat / menyentuh paha. Kembalilah ke posisi semula secara perlahan  tetapi jaga agar tekanan yang dirasakan perut jangan sampai hilang. lakukan sampai anda merasa lelah.
2. Melakukan vertical jump, ini dilakukan untuk menguatkan otot kaki, caranya: Berdiri tegak dengan kaki terbuka selebar bahu. Letakan lengan Anda sedikit di depan tubuh. Jongkok turun sekitar 45 derajat, kemudian melompat setinggi mungkin. Mendarat dengan posisi telapak kaki sedikit menekuk. Pastikan seluruh telapak kaki Anda menyentuh tanah. Ulangi gerakan ini sebanyak 2 set, dengan 8 repetisi.
3.  Melakukan Long Jump, ini juga untuk penguatan kaki, tekniknya; Berdiri tegak dengan kaki terbuka selebar bahu. Ambil posisi ¼ jongkok, kemudian langsung melompat ke depan sejauh dan setinggi mungkin. Arahkan lengan Anda ke depan untuk menjaga keseimbangan ketika melompat. Tips: Untuk lompatan yang lebih menantang, cobalah gunakan rintangan seperti tumpukan kardus atau tongkat. Ulangi gerakan ini sebanyak 2 set, dengan 8 repetisi.
4. Melakukan Lateral Obstacle Jump, teknik untuk melakukannya; Berdiri di samping pembatas (rintangan kerucut atau garis) dengan kaki terbuka selebar bahu. Tangan Anda mengarah ke depan untuk keseimbangan. Ambil posisi ¼ jongkok, kemudian lompatlah ke samping melewati pembatas setinggi yang Anda bisa. Mendaratlah dengan kedua kaki secara bersamaan. Setelah kaki Anda menyentuh lantai, segera lompat kembali ke arah sebelumnya. Ulangi gerakan ini sebanyak 2 set, dengan 8 repetisi.
           Itu tadi tips dari saya semmoga bermanfaat bagi kita yang ingin meningkatkan kemampuan lompatannya.


1 comments:

  1. makasih gan buat artikelnya sangat membantu
    salam sukses,,

    ReplyDelete