Pages

Powered by Blogger.

Saturday, August 3, 2013

Meningkatkan Masa Otot Lengan dan Tangan

          Banyak orang yang ingin memiliki tubuh atletis. Akan tetapi, terkedang dalam membentuk tubuh menjadi atletis ini tidak banyak orang yang tahu. Dalam membentuk tubuh yang atletis bukan hanya sekedar kita melakukan fitnes atau kegiatan yang lainnya tanpa memikirkan gizi yang dibutuhkan. Dalam blog ini yang akan dibicarakan adalah bagaimana meningkatkan masa otot pada bagian lengan saja. Dalam membentuk otot yang atletis tidak hanya dilakukan secara sembarangan. Akan tetapi, perlu adanya tahap-tahap atau hal-hal yang perlu diperhatikan. diantaranya adalah.
1. Makanan Bergizi
     Makanan yang bergizi merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan. Karena dengan memakan makanan yang bergizi kita tidak kekurangan nutrisi yang dapat menambahkan masa otot kita. Jangan sampai kita hanya memakan makanan yang banyak proteinnya sehingga tidak memperdulikan nutrisi kita karena ingin memiliki masa otot tumbuh dengan cepat.

2. Latihan Beban
        Latihan beban merupakan hal yang wajib bila ingin memiliki masa otot yang besar. Untuk meningkatkan masa otot pada lengan dapat dilakukan beberapa latihan penunjang yaitu dengan angkat barbel atau semacamnya. Ingat dalam melatih otot jangan terlalu memaksa, gunakan beban yang mampu digunakan tubuh. apabila kita memaksa dapat mengakibatkan cidera otot yang hanya akan membuat kegagalan dalam membentuk masa otot.

3. Makanan Berprotein
       Makanlah makanan yang banyak mengandung protein yang banyak seperti telur ikan tempe dan lain sebagainya. Usahakan jangan mencari makanan yang berlemak tinggi agar nantinya yang berkembang itu otot bukan lemak yang ada di kulit. selain itu didalam makanan berprotein terdapat asam amino yang berfungsi dalam pembentukan otot. Sehingga dalam pembentukan masa otot memerlukan makan berprotein.
             

Saturday, March 9, 2013

Cara Meningkatkan Stamina Tubuh

             Banyak olahragawan yang ada di dunia ingin memiliki kekuatan fisik yang kuat. Mereka kebanyakan beralasan dengan meningkatnya kekuatan fisik atau stamina maka kemampuan olahraga mereka akan tetap stabil. Selain itu, Para atlet olahraga tidak ingin di tengah-tengah permainan merasa kelelahan yang tentunya dapat mempengaruhi permainan. Banyak faktor yang menyebabkan kekuatan stamina menurun. Kebanyakan faktor yang mempengaruhi adalah kebiasaan hidup yang tidak sehat. Jarangnya melakukan aktifitas fisik dan makan makanan secara asal akan memperburuk stamina tubuh kita. Selain itu, kebiasaan merokok dan minum-minuman keras memberikan sumbangan yang cukup besar terhadap stamina tubuh kita. Maka dari itu kebiasaan buruk di atas sebaiknya mulai dihilangkan agar stamina kita tetap terjaga.
             Sebenarnya banyak cara yang dapat dilakukan orang untuk meningkatkan stamina tubuh kita. Untuk memulainya kita harus merubah pola hidup kita yang salah ke yang benar, yaitu makan-makanan yang sehat seperti sayur, buah dan jangan terlalu banyak lemak, rokok maupun minuman keras. Setelah pola hidup sehat kita terbentuk mulailah olahraga lari yang dilakukan dari jarak pendek dan lama kelaman jarak diperpanjang sampai kita tidak sanggup lagi. Paksakan saja kalau capek karena kalau tidak dipaksakan stamina akan sama tidak bertambah. Kalau kurang suka dengan olahraga lari dapat diganti dengan olah raga yang berat seperti basket, futsal, dan sebagainya yang penting banyak bergerak. Dalam mempertambah stamina latihan tidak dapat dilakukan hanya satu kali tetapi berulang-ulang dan terus dilakukan agar stamina tidak merusut lagi.

Tuesday, January 22, 2013

Teknik Dasar Softball

            Salah satu permainan ini mungkin masih terdengar asing bagi penduduk Indonesia. Memang jenis olah raga ini tidak terkenal seperti sepakbola, basket, maupun voli di Indonesia. Berbagai upaya dilakukan agar olahraga ini menjadi digemari masyarakat indonesia dan dapat menjadi salah satu alternatif olahraga berjenis permainan. Bagi kalian yang tertarik tentang Olahraga Softball disini saya akan memberikan sedikit teknik yang ada pada permainan Softball. Teknik-teknik dasar permainan softball adalah :
  • Melempar bola ( Pitcher ) : dalam melempar bola harus dilakukan dengan cepat dan mengarah pada zona strike. Hal tersebut dilakukan agar pemukul kesusahan dalam memukul bola yang dilempar oleh pitcher.
  • Menangkap bola ( Catcher ) : dalam suatu pertandingan seorang catcher harus mampu menangkap bola. posisi catcher berada di belakang pemukul dalam posisi jongkok.
  • Penjaga ( fielder ) : fielder ini memiliki tugas penting dalam permainan softball. semua fielder berusaha mematikan 3 orang tim lawan agar mendapat giliran memukul. karena run hanya bisa didapatkan dalam posisi menyerang. 
  • Memukul ( Batting ) : dalam melakukan batting kita harus memiliki pukulan yang kuat agar pukulan yang kita lakukan dapat membuang jauh bola. teknik pukulan ada banyak, kita dapat menggunakannya sesuai situasi dan kemampuan. pada saat akan memukul pandangan kita dan pikiran harus konsentrasi penuh agar pukulan mengenai bola.
             Mungkin hanya itu yang dapat saya bagi, bagi kalian yang memiliki kemampuan lebih dan lebih banyak tau tentang softball tidak ada salahnya untuk berbagi. semoga informasi ini bermanfaat.

cara menghindari cedera saat olahraga

           Bagi kalian yang mengemari olahraga baik itu basket, lari, voli, sepak bola dan sebagainya, tentu tidak ingin ada yang namanya cedera. kita apabila sudah mengalami cedera dapat menganggu proses latihan yang akan kita lakukan. Cedera sering berupa engkel, lecet, terkilir maupun yang lainnya. Pencegahan untuk menghindari cidera dapat dilakukan dengan berbagai cara. Di sini saya akan memberikan sedikit ilmu yang akan membantu kita agar saat berolahraga dapat terhindar dari cidera. Cara menghindari cedera saat olahraga adalah :
  • Pemanasan : Pemanasan sebelum berolahraga adalah wajib hukumnya, karena dengan kita melakukan pemanasan maka tubuh kita tidak kaget dan dapat meregangkan otot-otot yang kaku. selain itu saat kita berolahraga akan terasa nyaman.
  • Makan Sebelum Berolahraga : makan sebelum berolahraga perlu dilakukan karena kita akan menggeluarkan energi yang cukup besar. untuk makan kita dapat dilakukan 2 jam sebelu berolahraga agar perut tidak sakit.
  • Minum Saat Haus : saat haus kita jangan menahannya, kita harus secepatnya minum agar jangan sampai tubuh kita kekurangan cairan atau dehidrasi.
  • Olahraga yang Cukup : tubuh kita memiliki kemampuan yang terbatas, jangan sampai memaksakan tubuh kita. kalau sudah merasa lelah sebaiknya kita istirahat terlebih dahulu agar tenaga pulih kembali.
  • Berolahraga dalam Keadaan Sehat : jangan laikukan olahraga pada saat kita merasa tidak enak badan maupun sakit, karena dapat berakibat fatal bukan kita menjadi sembuh tetapi penyakit kita dapat bertambah parah.
              Itulah beberapa informasi yang dapat saya berikan agar kita terhindar dari cedera saat berolahraga. Informasi yang saya berikan semoga bermanfaat bagi kalian yang suka berolahraga.

Saturday, December 8, 2012

Bahaya Rokok Bagi Kesehatan

           Siapa yang tidak tahu rokok di dunia ini. Baik dari kalangan atas sampai kalangan bawah tidak asing lagi dengan nama rokok. Rokok menjadi lahan bisnis yang mengiurkan bagi setiap orang. Berbagai macam merek rokok bermunculan dan menawarkan berbagai rasa dan harga. Tidak sedikit orang yang mengetahui bahaya rokok tetapi tetap saja mengkonsumsi rokok, bahkan ada beberapa orang mending tidak makan demi sebatang rokok. Ini sunguh ironis sekali dimana rokok hanya memberikan dampak negatif tanpa ada manfaatnya. Tidak hanya itu, di Indonesia bahkan rokok-rokok menjadi sponsor diberbagai ajang olahraga. Padahal ini sangat bertentangan sekali dengan apa yang terjadi dimana rokok merusak kesehatan dan olahraga menjaga kesehatan. Ini seharusnya menjadi pertimbangan kita semua dan berhenti merokok agar kesehatan kita tetap terjaga. Disini saya akan menjelaskan dampak negatif rokok, yaitu;

  • Kanker Paru-paru, Banyak kasus yang terjadinya kangker paru-paru disebabkan oleh rokok. Hal tersebut karena asap rokok masuk secara Inhalasi ke paru-paru. Zat asap pada rokok akan merangsang sel paru-paru menjadi tumbuh abnormal.
  • Kanker Kandung Kemih, menurut penilitian sekitar 40% perokok berpontensi menderita Kanker Kandung Kemih. Studi menemukan senyawa 2-naphthylamine dalam rokok menjadi karsionogen yang mengarah pada kanker kandung kemih.
  • Kanker Payudara, hasil studi menunjukkan perempuan yang mulai merokok pada usia 20 tahun dan 5 tahun sebelum ia hamil pertama kali beresiko lebih besar tekena kanker payudara.
  • Kanker Serviks, sekitar 30% kematian akibat kanker serviks disebabkan oleh rokok. Hal ini dikarenakan perempuan yang merokok lebih rentan terkena infeksi oleh virus menular seksual.
  • Kanker Kerongkongan, setudi menemukan bahwa asap rokok merusak DNA dari sel-sel esofagus sehingga menyebabkan kanker kerongkongan. sekitar 80% kasus kanker esofagus telah dikaitkan dengan merokok.
  • Kanker Pencernaan, Meskipun asap rokok masuk ke dalam paru-paru, akan tetapi ada beberapa asap yang tertelan sehingga meninggkatkan risiko kanker gastrointestinal.
  • Kanker ginjal, Nikotin bersama sengan bahan kimia yang lain seperti karbonmonoksida dan tar menyebabkan perubahan denyut jatung, pernapasan sirkulasi dan tekanan darah. Karsinogen yang disaring keluar dari tubuh melalui ginjal mengubah sel DNA dan merusak sel-sel ginjal. Perubahan ini mempengaruhi fungsi ginjal dan memicu kanker.
  • kanker Mulut, perokok dapat berpontensi 6 kali lebih besar mengalami kanker mulut dibandingkan dengan orang yang tidak merokok, dan orang yang merokok tembakau tanpa asap beresiko 50 kali lipat lebih besar.
  • Serangan Jantung, Nikotin dalam rokok dapat menyebabkan jantung berkerja lebih cepat dan meningkatkan tekanan darah. Sedangkan karbon monoksida mengambil oksigen dalam darah lebih banyak yang membuat jantung memompa darah lebih banyak. jika jantung bekerja keras ditambah tekanan darah tinggi, amak bisa menyebabkan serangan jantung.
  • Penyakit Jantung Koroner, sebagaian besar penyakit jantung koroner disebabkan oleh rokok dan akan memburuk jika memiliki penyakit lain seperti diabetes melitus.
  • Aterosklerosis, nikotin dalam asap rokok bisa mempercepat penyumbatan arteri yang bisa disebabkan oleh penumpukan lemak. Hal ini akan menimbulkan terjadinya jaringan parut dan penebalan arteri yang menyebabkan arterosklerosis.
  • Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK), Kondisi ini menyebabkan aliran darah terhalangi sehingga membuat seseorang sulit bernapas, dan sekitar 80% kasus PPOK disebabkan oleh rokok. 
  • Impotensi, untuk laki-laki berusia 30an dan 40an tahun, maka merokok dapat meningkatkan risiko disfungsi ereksi sekitar 50%. 


Saturday, December 1, 2012

Cara Menjaga Kesehatan Paru-paru

              Mungkin para pembaca tidak asing lagi dengan salah satu organ manusia ini. Organ manusia ini sangatlah penting bagi kehidupan manusia. Ya, organ ini adalah paru-paru, paru-paru adalah alat pernapasan pada manusia yang dilindungi oleh tulang rusuk. Banyak orang yang menganggap remeh kesehatan paru-paru dan kadang tidak merawatnya. Salah satu contoh orang yang suka merokok, mereka tetap saja merokok walaupun sudah tahu BAHAYA MEROKOK. Ironi memang, mereka beralasan tidak bisa lepas dari rokok karena sudah ketergantungan padahal banyak Cara untuk menghilangkan kebiasaan merokok. Penyakit paru-paru memang bukan hanya dari rokok ada juga virus dan bakteri yang siap mengintai. Dari blog ini saya ingin memberikan tips bagaimana cara merawat kesehatan paru-paru, yaitu:
  • Tidak merokok, sebaiknya bagi kalian yang ingin tetap memiliki paru-paru sehat mulai sekarang berhentilah merokok karena rokok memiliki kandungan senyawa yang berbahaya bagi paru-paru kita.
  • Berolahraga, kita apabila rajin olah raga akan membuat tubuh kita menjadi sehat dan kebal dari beberapa bakteri maupun virus. selain itu berolahraga baik untuk paru-paru kita.
  • Menggunakan Masker saat berpergian, ini bertujuan agar saat kita berada di jalan raya asam maupun debu tidak ikut masuk ke hidung kita. apabila masuk dan sampai ke paru-paru akan menganggu kesehatan paru-paru kita.
  • Mengkonsumsi Sayur dan Buah, Sayur dan buah merupakan salah satu sumber makanan yang baik untuk paru-paru kita karena di dalamnya terdapat antioksidan. Antioksidan berfungsi sebagai penangkal radikal bebas yang pastinya dapat membuat jaringan tubuh menjadi rusak.
  • Menjaga Lingkungan Tetap Bersih, dengan kita menjaga lingkungan kita tetap bersih maka bakteri dan virus akan hilang dan udara semakin bersih sehingga baik untuk paru-paru kita.
  • Periksa berkala, periksakan paru-paru anda secara berkala agar anda tahu kesehatan paru-paru anda.
                  Mungkin hanya itu tip dari saya tetap jaga kesehatan anda, semoga bermanfaat!!

Friday, November 23, 2012

Manfaat Buah Pepaya

              Buah pepaya mungkin salah satu buah yang tidak asing lagi kita dengar. Buah yang satu ini banyak kita peroleh dari pasar maupun kebun atau pekarangan rumah apabila kita menanamnya. Tidak jarang saking melimpahnya buah ini kita membiarkannya busuk begitu saja ataupun hanya untuk pakan burung saja. padahal apabila kita mengetahui manfaat memakan buah pepaya ini mungkin kita tidak akan menyianyiakannya. langsung saja saya akan menjelaskan tentang kegunaan buah pepaya yaitu:
  • Melangsingkan tubuh, bagi kalian yang ingin memiliki tubuh ideal maupun yang ingin menurunkan berat badan mungkin buah pepaya ini solusinya. buah pepaya ini memiliki gizi tinggi namun memiliki kalori yang rendah sehingga baik untuk kalian yang ingin berdiet.
  • Menyembuhkan luka, bagi kalian yang sedang terluka dapat memanfaatkan buah pepaya ini. Caranya adalah memngunakan kulit buah pepaya untuk penyembuhan.
  • Melancarkan pencernaan, buah pepaya ini sangat banyak akan serat sehingga dapat membantu melancarkan buang air besar
  • Anti kanker, di dalam pepaya ternyata terdapat senyawa anti kanker dan anti inflamasi. mereka yang mengalami osteoporosis, arthritis dan edema dianjurkan mengonsumsi buah ini secara teratur.
  • menyehatkan kulit kepala dan rambut, dengan kita memakan pepaya dapat membantu pertumbuhan rambut dan menghambat munculnya ketombe.


teknik melakukan lompat tinggi

          Lompat tinggi merupakan salah satu cabang olahraga yang mengandalkan kekuatan otot kaki dan otot perut. Perlu adanya latihan keras agar kita dapat memperoleh kemampuan untuk melakukan lompatan yang tinggi. Dalam melakukan lompat tinggi ini memerlukan beberapa tahap atau urutan agar memperoleh lompatan yang maksimal. Tahapan yang ada dalam lopat tinggi adalah:

  • Awalan, yaitu gerakan berlari menuju mistar
  • Tolakan, yaitu gerakan kaki kita dalam menumpu pada lantai untuk menaikkan badan
  • Melayang, yaitu gaya dan kedudukan badan ketika berada di udara dan di atas mistar
  • Mendarat, yaitu jatuhnya badan kita di atas matras
Dalam melakukan lompat tinggi bukan hanya sekedar melompat saja, tetapi di dalamm melompat tinggi memiliki beberapa gaya. Gaya yang ada pada lompat tinggi yaitu;
  • Gaya gunting, gaya gunting ini dilakukan oleh seorang pelompat menuju ke palang secara bersudut dan melonjak dengan kaki yang berada di luar dari palang. semasa melepasi palang, pelompat berada dalam keadaan duduk berlunjur
  • Gaya timur, gaya timur dilakukan oleh seorang pelompat menuju ke palang secara lurus dari hadapan 90 derajat. saat melonjak, kaki kita bebas diayunkan secara tegak ke hadapan badannya dan pelompat melepasi palang secara mengiring.
  • Gaya guling barat, pada gaya ini sebenarnya hampir sama pada gay yang diatas yaitu pelompat menuju ke palang secara bersudut 90 derajat, kemudian pelompat melonjak dengan kaki yang lebih dekat dengan palang. Kaki lonjakan berada dalam keadaan bengkok semasa pelompat berguling selari dengan palang untuk melakukan pelepasan.
  • Gaya pelana, gaya ini sebenarja juga hampir sama dengan gaya guling barat. pelompat menuju ke palang secara bersudut. ketika melepasi palang, maka pelompat memandang ke bawah dan keadaan badannya seolah-olah meniarap diatas palang.
  • Gaya fosbury flop, gaya ini adala gaya yang populer pada masa saat ini, gaya ini pelompat menuju ke palang dengan membelakangi mistar.
itu lah info dari saya semoga bermanfaat.