Pages

Powered by Blogger.

Thursday, July 19, 2012

Teknik Bermain Bulutangkis

  
         Bulutangkis merupakan salah satu pemainan yang mendunia. Indonesia adalah salah satu negara yang menyukai olahraga ini baik dari elemen masyarakat bawah sampai masyarakat kelas atas. Prestasi yang ditorehkan indonesia pada kompetisi Internasionalpun cukup banyak dan membangakan. Pada era dulu Indonesia bahkan memiliki tradisi menjadi juara di setiap kompetisi, namun saat ini berbanding terbalik. Hal ini disebabkan semakin banyak dan beratnya persaingan dan pesaing sehingga perlu latihan yang maksimal. Di sini saya akan memberikan sedikit informasi tentang bagaimana teknik dalam bermain bulutangkis atau sering juga di sebut badminton.
1. jenis pegangan Raket/ Teknik Memegang Raket
         Dalam bermain bulu tangkis sebenarnya memiliki beberapa cara untuk memegang raket. tetapi yang sering digunakan untuk memegang raket adalah teknik FOREHAND dan BACKHAND. Penggunan teknik memegan raket ini digunakan sesuai dengan keadaan yang ada di lapangan.
Cara Memegang Raket FOREHAND
- pegang raket dengan tangan kiri, kepala raket menyamping. Pegang raket sepert jabat tangan, bentuk "V" tangan diletakkan pada bagian gagang raket.
- Tiga jari, yaitu jari tengan, manis dan kelingking menggenggam raket, sedangkan jari telunjuk agak terpisah
- letakkan ibu jari diantara tiga jari dan telunjuk.
Cara Memegang Raket BACKHAND
Untuk backhandgriop, geser "V" tangan ke arah dalam. letaknya di samping dalam. bantalan jempol berada pada pegangan raket yang lebar.
 Cara Latihan
            Untuk latihan ini kita perlu adaptasi mengerak-gerakkan pergelangan tangan dengan tetap memegang raket dengan benar. tahap-tahapnya yaitu;
- Biasakan selalu memegang raket dengan jari-jari tangan, luwes, dan tetap rileks, tetapi mempunyai tenaga
- lakukan gerakan raket ke arah kanan dan kiri, dengan menggunakan tenaga pergelangan tangan. Begitu juga gerakan ke depan dan ke belakang, sehingga terasa betul terjadinya tekukan pada pergelangan tangan.
- Gerakkan pergelangan tangan ke atas dan ke bawah
- memukul kok ke tembok
- Bouncing ball
Kesalahan yang Dapat Terjadi
- memegang raket dengan Menggenggam, jari-jari rapat dan sejajar.
- Posisi "V" tangan berada pada bagian grip raket yang lebar.

0 comments:

Post a Comment