Pages

Powered by Blogger.

Monday, July 30, 2012

Teknik Dasar Berenang Gaya Bebas

         Berenang merupakan olahraga yang banyak mengeluarkan tenaga. Banyak orang yang memilih berenang untuk membentuk tubuh atau mengecilkan tubuh karena alasan tersebut. Dalam berenang memiliki beberapa gaya diantaranya gaya dada, gaya punggung, gaya kupu-kupu, dan gaya bebas. Setiap gaya tersebut memiliki teknik tersendiri. Di sini  saya hanya akan menjelaskan teknik berenang gaya bebas.
Teknik Renang Gaya Bebas, teknik renang gaya bebas memiliki tahapan-tahapan dalam melakukan gerakannya. Agar lebih paham maka saya akan menjelaskannya:
- Teknik Dasar Mengapung, Dalam melakukan teknik dasar mengapung kita tidak dapat melakukannya dalam sekejap saja. Kita dalam melakukan teknik mengapung banyak posisi yang bisa dilakukan supaya tubuh dapat terapung di atas permukaan air. dalam melakukan teknik  ini anda lakukan dengan rileks dan melayang tanpa mengeluarkan tenaga. Untuk lebih jelasnya inilah teknik mengapung dalam renang:
  • Berdirilah di depan dinding kolam sejauh kira-kira satu meter
  • Tariklah nafas dalam-dalam, kemudian kita masukkan kepala kedalam air dengan sedikit merebahkan tubuh ke depan dalam posisi telungkup, mata tetap terbuka dan kita buang nafas perlahan-lahan
  • Buatlah tubuh tetap rileks pertahankan sikap tersebut di dalam air hingga kita tidak kuat menahan nafas
- Teknik Dasar Meluncur, kita setelah menguasai teknik mengapung kita dapa melanjutkan latihan kita yaitu latihan meluncur. Tujuan dari latihan ini untuk mejaga keseimbangan tubuh saat berada di air. Cara melakukan teknik meluncur ini adalah:
  • Kita berdiri di tepi kolam dengan sikap membelakangi kolam, salah satu kaki kita menempel pada dinding untuk melakukan tolakan pada dinding
  • Kedua tangan lurus dengan ibu jari saling menyentuh
  • Ambilah nafas yang dalam dan condongkan tubuh ke depan, berusahalah ujung jari tangan lebih dahulu yang masuk ke dalam air.
  • Tolaklah kaki yang menempel pada dinding kolam sampai tubuh terdorong ke depan
  • Saat tubuh sedang meluncur, biarkan sampai tubuh berhenti melaju.
- Posisi tubuh, Posisi tubuh saat kita berenang adalah sejajar dengan permukaan air. Tubuh kita dalam bergerak pada sumbunya dan hindari gerakan yang mengakibatkan posisi tubuh naik turun.
- Gerakan kaki, Garakan kaki dalam berenang dapat membantu dalam meluncur dan dapat mengatur keseimbangan dengan menggunakan tangkai, inilah tekniknya;
  • Kedua kaki kita gerakan ke atas dan ke bawah secara bergantian dalam keadaan lemas
  • Gerakan kaki dimulai dengan pangkal paha
  • Dalam melakukan gerakan kaki, kaki jangan terlalu tinggi cukup dekat dengan permukaan air saja
- Gerakan lengan, gerakan lengan pada olahraga renang memiliki fungsi yang penting. Hal tersebut dikarenakan dayungan lengan akan mendukung laju tubuh dengan cepat. berikut cara latihan ini:
  • sikap awal, sikap awal kita adalah berdiri badan dibungkukkan dan kedua tangan lurus di samping telinga.
  • Tangan kanan di tarik ke bawah sambil menekan air, sampai dibawah badan. tangan mendorong air ke belakang dan ke atas.
  • Siku tangan kanan cepat ditekuk dan dikeluarkan dari air, saat tangan kiri sampai di bawah badan dalam air, tangan kiri mendorong air ke belakang dan keatas.
  • Gerakan kembali ke posisi semula dilakukan dengan kita mengayunkan tangan ke depan
  • Lakukang gerakan ini beraturan dan berulang-ulang
- Teknik Pernapasan, latihan ini dapat dilakukan di darat maupun di air. Pengambilan nafas dilakukan pada saat mulut berada di atas permukaan air yaitu dengan cara memiringkan kepala kesisi kanan maupun kiri.

1 comments:

  1. Menangkan Jutaan Rupiah dan Dapatkan Jackpot Hingga Puluhan Juta Dengan Bermain di www(.)SmsQQ(.)com

    Kelebihan dari Agen Judi Online SmsQQ :
    -Situs Aman dan Terpercaya.
    - Minimal Deposit Hanya Rp.10.000
    - Proses Setor Dana & Tarik Dana Akan Diproses Dengan Cepat (Jika Tidak Ada Gangguan).
    - Bonus Turnover 0.3%-0.5% (Disetiap Harinya)
    - Bonus Refferal 20% (Seumur Hidup)
    -Pelayanan Ramah dan Sopan.Customer Service Online 24 Jam.
    - 4 Bank Lokal Tersedia : BCA-MANDIRI-BNI-BRI

    8 Permainan Dalam 1 ID :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar66

    Info Lebih Lanjut Hubungi Kami di :
    BBM: 2AD05265
    WA: +855968010699
    Skype: smsqqcom@gmail.com

    ReplyDelete