Pages

Powered by Blogger.

Wednesday, August 8, 2012

Teknik Lompat jauh Gaya Jongkok


          Lompat jauh adalah salah satu cabang atletik yang sering dilombakan. Permainan ini sering menggunakan kekuatan kaki untuk kemampuan dalam melompat. Dalam melompat sering ada berbagai gaya tetapi di dalam blog ini saya akan memberikan teknik dasar lompat jauh gaya jongkok. Langsung saja untuk tekniknya:
  • Awalan,  gerakan lompat jauh dilakukan dengan ancang-ancang. Melakukan awalan atau ancang-ancang dengan lari secepat mungkin hingga melakukan tumpuan dibalog lompat atau papan tumpuan. Pada waktu melakukan awalan jangan menoleh ke mana-mana akan tetapi konsentrasi ke arah tolakan.
  • Tolakan atau tumpuan, gerakan tolakkan pada lompat jauh merupakan salah satu faktor keberhasilan dalam melompat. Cara melakukan tolakkan atau tumpuan harus dilakukan dengan sebaik-baiknya yaitu; (1) Tumpuan kaki pada balok lompat dilakukan dengan satu kaki, boleh dilakukan dengan kaki kanan atau kaki kiri. Gunakanlah kaki yang paling kuat. (2) Pada waktu kaki menumpu harus tepat di atas balok lompat diikuti badan condong ke depan disusul kaki yang lain diangkat ke arah depan atas dengan sudut tolakan antara 40 derajat sampai 50 derajat.
  • Melayang di Udara, setelah melakukan tumpuan dengan badan condong ke depan, kaki diayunkan ke depan utnuk membantu berat badan ke atas disusul kaki tumpu juga diayunkan ke depan. Pada waktu kita melayang lutut ke dua kaki sedikit ditekuk seperti sikap jongkok. pada posisi kaki diayunkan ke depan yang diikuti kedua tangan diayunkan. hal ini dilakukan untuk mendapatkan hasil lompatan yang maksimal.
  • Sikap Mendarat, Untuk posisi mendarat, ke dua kaki ditekuk posisi jongkok dengan tumit mendarat terlebih dahulu. berat badan di dorong ke depan dan kedua lengan diluruskan ke depan.

3 comments:

  1. Bisa Main Dari HP !!
    Support IOS & ANDROID
    7 Games Dalam 1 User_ID
    Menangkan Jackpot Harian S/d Puluhan Juta
    Jackpot Global Ratusan Juta
    Minimal Deposit Sangat Terjangkau !!
    Rp 10,000
    hanya di s1288poker
    (WA : 08122221680)

    ReplyDelete