Pages

Powered by Blogger.

Thursday, August 9, 2012

Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan

          Daun sirih merupakan tanaman yang merambat dalam hidupnya. Banyak orang-orang dulu yang menggunakan sirih untuk dikunyah istilah jawanya adalah nginang. Nginang dilakukan dengan menyampur sirih dengan gambir, injet dan lainnya. Kegiatan ini saat ini jarang dilakukan anak muda jaman sekarang, padahal sirih memiliki banyak manfaat. manfaat dari sirih ini diantaranya:

  • Menyembuhkan mimisan, ambil daun sirih satu lembar saja kemudian gulung sambil beri tekanan agar menggeluarkan minyaknya lalu gunakan untuk menyumbat hidung yang mengeluarkan darah.
  • Menyembuhkan Diare, untuk menyembuhkan diare ini kita ambil 4-7 lembar daun sirih, 6 biji lada, 1sendok makan minyak kelapa. Setelah bahan-bahan itu terkumpul kemudian tumbuk semua bahan bersama-sama sampai halus, lalu gosokkan pada bagian perut. 
  • Menyembuhkan sakit gigi, untuk dapat mengobati sakit gigi yang harus dilakukan adalah daun sirih direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih lalu dinginkan air rebusan tersebut. setelah air tersebut dingin kita gunakan untuk berkumur. 
  • Untuk alergi pengobatan, Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk pengobatan ini adalah 6 lembar daun sirih, 1 potong jahe kuning, 1,5 sendok minyak kayu putih. Untuk pengolahannya adalah tumbuk semua bahan secara bersama-sama hingga halus, kemudian gosokkan pada bagian badan yang gatal-gatal.
  • Menyembuhkan Bronkhitis, bahan-bahan yang dapat gunakan adalah ambil 7 lembar daun sirih dan potong 1 gula batu. Cara penggolahannya adalah daun sirih dirajang dengan halus kemudian direbus bersama gula batu dengan air 2 gelas sampai mendidih hingga tinggal satu gelas, lalu disaring. air hasil rebusan tersebut diminum 3 kali sehari, masing-masing 3 sendok makan.
  • Menyembuhkan keputihan, Bagi para perempuan yang mengalami penyakit ini dapat menggunakan sirih ini untuk alternatif yaitu; ambil 7 sampai 10 daun sirih kemudian rebus dengan 2,5 liter air sampai mendidih. Saat masih hangat, air rebusan tersebut dipakai untuk membasuh dan membersihkan seputar kemaluan secara berulang.
  • Menghilangkan Bau Mulut, Daun sirih ini ternyata juga dapat digunakan untuk menghilangkan bau mulut. Cara yang digunakan adalah cara pertama daun sirih dicuci lalu dikunyah dan biarkan beberapa menit dalam mulut, kemidian buah lakukan 2-3 kali sehari. Cara yang kedua rebus 5-6 daun sirih dengan 2 gelas air mendidih. Dinginkan dan saring, gunakan untuk berkumur.
  • Menyembuhkan Pembengkakan Gusi, ambil 5-6 lembar daun sirih. rebus dengan 3 gelas air sampai mendidih. setelah itu angkat dan saring dan tambahkan garam kemudian pergunakanlah untuk berkumur 3 kali sehari.

1 comments:

  1. Bisa Main Dari HP !!
    Support IOS & ANDROID
    7 Games Dalam 1 User_ID
    Menangkan Jackpot Harian S/d Puluhan Juta
    Jackpot Global Ratusan Juta
    Minimal Deposit Sangat Terjangkau !!
    Rp 10,000
    hanya di s1288poker
    (WA : 08122221680)

    ReplyDelete