Pages

Powered by Blogger.

Friday, August 3, 2012

Teknik Lari Jarak Pendek

             Lari jarak pendek adalah lari yang menempuh jarak antara 100m sampai dengan jarak 400m. Oleh karena itu faktor utama yang menentukan lari jarak pendek adalah kecepatan. Kcepatan seorang atlit lari harus selalu diasah agar dalam berlari akan semakin kencang, karena dalam perlombaan lari yang dicari pemenangnya adalah orang yang pertama masuk finish. Nomor-nomor jarak pendek yang sering dilombakan adalah 100 meter, 200 meter dan 400 meter. Lari jarak pendek ini sering disebut sprint sedangkan bagi orangnya adalah sprinter. Di dalam blog ini saya akan menjelaskan teknik dasar lari jarak pendek ini;

- Langkah-langkah lari jarak pendek
  1. Gerakan start, dalam melakukan start ternya memiliki beberapa cara yaitu;
  • Start pendek (Bunch Start) langkahnya adalah kaki kiri berada di depan dan lutut kaki kanan diletakkan disebelah kaki kiri sekitar satu kepal. Kedua tangan diletakkan di belakang garis start dengan jari-jari rapat dan ibu jari terpisah.
  • start menengah ( medium start) langkahnya adalah kaki kiri di depan, lutut kaki kanan diletakkan sebelah kanan tumit kaki kiri jaraknya satu kepal. kedua tangan diletakkan di belakang garis start dengan 4 jari rapat dan ibu jari terpisah.
  • Start panjang (long start ) langkahnya adalah kaki kiri diletakkan di depan lutut kaki kanan di belakang kaki kiri, jaraknya sekitar satu kepal. kedua tangan diletakkan di belakang garis start dengan jari-jari rapat dan ibunjari terpisah
    2. Sikap Tubuh Saat Berlari
  • condong ke depan dengan tolakkan kaki yang sekuat tenaga
  • Langkah kaki yang lebar dengan lengan tangan ke arah dagu
  • Tubuh dalam keadaan rileks, pandangan mata ke depan
  • Gerakkan kaki dengan cepat
   3. Teknik Melakukan Lari Jarak Pendek
  • Gerakkan awal, posisi tubuh berdiri di belakang garis start, lakukan sikap start jongkok
  • setelah melakukan start jongkok, lari dengan langkah lebar dan cepat. Pendaratan pada ujung telapak kaki dengan lutut dibengkokkan, tangan diayun ke depan terarah dagu dan badan condong ke depan
  • setelah lari kurang lebih berjarak 20 meter, langkah kaki diperlebar dan dipercepat sehingga masuk ke garis finish.
SEMOGA BERMANFAAT !!!

0 comments:

Post a Comment